Presiden Brasil, Jair Bolsonaro Dinyatakan Positif Virus Corona

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro Dinyatakan Positif Virus Corona – Presiden Brasil Jair Bolsonaro dinyatakan positif terkena virus corona pada Selasa, tak lama setelah istana kepresidenan mengatakan dia menunjukkan gejala yang terkait dengan penyakit itu. Bolsonaro mengumumkan diagnosisnya kepada wartawan, mengatakan dia mulai merasa sakit pada hari Minggu, beberapa outlet melaporkan.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro Dinyatakan Positif Virus Corona

poder360  – Presiden dilaporkan juga mengkonfirmasi bahwa dia menggunakan hydroxychloroquine, obat malaria yang disebut-sebut oleh Presiden Donald Trump sebagai pengobatan pencegahan yang mungkin untuk penyakit tersebut, serta azitromisin. Tidak ada obat yang terbukti sebagai profilaksis atau pengobatan yang efektif untuk Covid-19.

Baca Juga : Desa – Desa di Kolombia, Amerika Telah Mewujudkan Masa Depan Pertanian Mereka

Pemimpin sayap kanan, 65, secara konsisten meremehkan ancaman virus dalam beberapa bulan terakhir, menggambarkannya sebagai tidak lebih dari “flu kecil.” Dia juga menyarankan bahwa masa lalunya sebagai atlet akan membuatnya kebal terhadap gejala penyakit terburuk.

Brasil telah menderita salah satu wabah virus corona terburuk di dunia, dengan lebih dari 1,6 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 65.000 kematian terkait, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Negara terbesar di Amerika Selatan ini menempati urutan kedua setelah AS untuk jumlah kasus terkonfirmasi tertinggi. Putra presiden, Eduardo Bolsonaro, men-tweet konfirmasi diagnosisnya sendiri dan mengatakan itu “tanpa komplikasi lebih lanjut,” terjemahan dari postingannya menunjukkan.

“Tapi presiden akan keluar dari ini,” cuit Bolsonaro yang lebih muda. “Pengobatan dengan klorokuin sangat efektif pada awal penyakit.”

Pemerintah mengkonfirmasi kepada NBC News pada hari Senin bahwa Bolsonaro merasa tidak enak badan dan mengalami demam 38 derajat Celcius (sekitar 100,4 derajat Fahrenheit). Bolsonaro telah diuji untuk virus setelah gejalanya muncul, istana kepresidenan mengatakan kepada NBC.

Bulan lalu, seorang hakim memerintahkan Bolsonaro untuk mengenakan masker di depan umum, sesuatu yang sering gagal dilakukannya. Namun, perintah pengadilan terpisah kemudian membatalkan putusan ini. Pada hari Sabtu, Bolsonaro berfoto bersama Todd Chapman, duta besar AS untuk Brasil, dan beberapa lainnya di kedutaan AS di Brasilia.

Menteri Luar Negeri Brasil Ernesto Araujo memposting foto pertemuan pada 4 Juli, menunjukkan Bolsonaro, Chapman, dan lainnya berkumpul di sekitar meja, tidak mengenakan masker. Kedutaan Besar AS di Brasilia tidak segera menanggapi permintaan CNBC untuk mengomentari diagnosis Bolsonaro.

Bolsonaro bersikeras selama pandemi bahwa menjaga jarak sosial dan menghindari pertemuan publik tidak diperlukan dalam hal mengatasi penyebaran virus. Sebaliknya, Bolsonaro mengklaim bahwa mematuhi pedoman ini akan berdampak negatif pada pemulihan ekonomi negara.

Pada bulan April, Bolsonaro memecat menteri kesehatannya, Luiz Henrique Mandetta, yang mendukung pembatasan jarak sosial dan dilaporkan telah menerima nilai tinggi dari orang-orang Brasil untuk penanganannya terhadap pandemi.

Presiden pada Maret dinyatakan negatif Covid-19 setelah sekretaris persnya, Fabio Wajngarten, didiagnosis mengidap virus tersebut. Beberapa hari sebelumnya, Wajngarten, Bolsonaro, dan pejabat Brasil lainnya telah melakukan perjalanan ke resor Trump Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, di mana sebuah foto Instagram menunjukkan mereka makan dalam jarak dekat.

Trump dan Wakil Presiden Mike Pence, yang juga menghadiri pertemuan itu, tidak segera diuji setelah diagnosis Wajngarten terungkap. Trump mengatakan pada saat itu bahwa dia “tidak khawatir” tentang kontaknya dengan delegasi Brasil, dan sekretaris pers Gedung Putih saat itu Stephanie Grisham mengatakan bahwa Trump dan Pence tidak memerlukan pengujian karena mereka “hampir tidak berinteraksi” dengan Wajngarten.

Bolsonaro bukan pemimpin dunia pertama yang terinfeksi virus: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang dites positif pada bulan April, menderita gejala yang sangat parah sehingga ia dipindahkan ke unit perawatan intensif selama beberapa hari.

Presiden Jair Bolsonaro

Jair Messias Bolsonaro lahir 21 Maret 1955) adalah seorang politikus Brasil dan pensiunan perwira militer yang merupakan presiden Brasil ke-38. Dari 1991 hingga 2018, ia bertugas di Kamar Deputi Brasil, mewakili negara bagian Rio de Janeiro.

Bolsonaro lahir di kota Glicerio, di negara bagian São Paulo. Ia dikenal publik pada tahun 1986, ketika ia menulis sebuah artikel untuk majalah Veja yang mengkritik rendahnya upah bagi perwira militer, setelah itu ia ditangkap dan ditahan selama 15 hari. Setahun kemudian, majalah yang sama menuduhnya berencana menanam bom di unit militer, yang dibantahnya.

Setelah dinyatakan bersalah oleh pengadilan yang lebih rendah, Mahkamah Agung Militer Brasil membebaskannya pada tahun 1988. Dia pindah ke cadangan pada tahun 1988 dengan pangkat kapten dan mencalonkan diri untuk Dewan Kota Rio de Janeiro tahun itu, terpilih sebagai anggota Partai Demokrat Kristen.

Pada tahun 1990 Bolsonaro terpilih ke majelis rendah Kongres dan dia terpilih kembali enam kali. Selama 27 tahun masa jabatannya sebagai anggota kongres, ia dikenal karena dukungannya yang kuat terhadap konservatisme nasional. Dia adalah penentang vokal pernikahan sesama jenis dan homoseksualitas, aborsi, tindakan afirmatif, liberalisasi narkoba dan sekularisme.

Dalam kebijakan luar negeri, ia telah menganjurkan hubungan yang lebih dekat dengan Amerika Serikat dan Israel. Selama kampanye presiden 2018, ia mulai mengadvokasi kebijakan ekonomi liberal dan pro-pasar. Seorang politisi yang terpolarisasi dan kontroversial, pandangan dan komentarnya, yang digambarkan sebagai sayap kanan dan populis, telah menuai pujian dan kritik di Brasil.

Bolsonaro mengumumkan pencalonannya sebagai presiden pada Maret 2016 sebagai anggota Partai Sosial Kristen. Dia meninggalkan partai pada 2018 dan bergabung dengan Partai Liberal Sosial, dan kemudian meluncurkan kampanye kepresidenannya pada Agustus tahun itu, dengan pensiunan jenderal Hamilton Mourao sebagai pasangannya.

Dia menggambarkan dirinya sebagai orang luar dan pendukung nilai-nilai keluarga. Dia menempati urutan pertama pada putaran pertama pemilihan umum pada 7 Oktober 2018, dengan kandidat Partai Buruh Fernando Haddad berada di urutan kedua. Kedua kandidat memiliki putaran kedua pada 28 Oktober 2018, dan Bolsonaro terpilih dengan 55,1% suara populer.

Bolsonaro menempatkan banyak perwira militer di posisi kunci di kabinetnya. Sebelum pelantikannya, Bolsonaro mengatakan dia akan mengisi posisi di pemerintahannya hanya berdasarkan kualifikasi teknis dan keterampilan daripada simpati ideologis. Selama masa kepresidenannya, banyak orang yang diangkat secara ideologis bentrok dengan pemerintah.

Menteri Kehakiman, Pendidikan, Sekretaris Pemerintah, kepala layanan pos dan pejabat pemerintah lainnya tidak disukai Bolsonaro dan mengundurkan diri. Dia fokus pada urusan dalam negeri di bulan-bulan pertamanya menjabat, terutama berurusan dengan dampak krisis ekonomi Brasil 2014. Ekonomi memang pulih, meskipun lambat, selama tahun pertamanya menjabat, sementara tingkat kejahatan turun tajam.

Berbagai kontroversi menandai tahun-tahun pertama pemerintahannya. Pada 2019, Bolsonaro meninggalkan Partai Liberal Sosial di tengah konfrontasi dengan anggota lain dan membentuk Aliansi untuk Brasil. Selama masa kepresidenannya, ia membatalkan perlindungan bagi kelompok-kelompok pribumi di hutan hujan Amazon dan memfasilitasi penghancurannya melalui penggundulan hutan.

Baca Juga :  AS berevolusi: Salah satu tanggapan terburuk terhadap COVID-19 jadi Pemimpin vaksinasi global di Bawah Biden

 

Tanggapan Bolsonaro terhadap pandemi COVID-19 di Brasil dikritik di seluruh spektrum politik. ia berusaha untuk mengecilkan pandemi dan dampaknya, menentang tindakan karantina, dan memecat dua menteri kesehatan, sementara jumlah kematian meningkat dengan cepat.

Akibatnya, opini publik, yang telah menguntungkan selama tahun pertamanya menjabat, berubah negatif sepanjang sebagian besar tahun 2020, sebentar menjadi positif lagi setelah mengizinkan pembayaran darurat sebelum berubah negatif sekali lagi pada tahun 2021.

Back To Top
Poder360 - Informasi dan Berita di Wilayah Benua Amerika Selatan